Senin, 19 April 2010

Ivan Gunawan as Designer

Gala Regalia, Gaun Pengantin Simpel ala Ivan Gunawan

DESAINER sekaligus presenter Ivan Gunawan kembali memperkenalkan koleksi gaun pengantin 2010. Citra busana yang simpel dan glamor menjadi kata kunci dari koleksi Ivan yang bertema ”Gala Regalia”.

Koleksi terbaru Ivan –sapaan akrab Ivan Gunawan- tersebut untuk pertama kali dipamerkan dalam rangkaian acara ”The Love of Magical Garden Wedding Exibition” di Central Park Mall, mulai 16-25 April 2010.
”Di 2010 ini, aku lebih fokus pada sesuatu yang sifatnya sakral. Kalau kemarin bajuku lebih playful, bermain, dan lebih sekenanya yang aku mau. Tapi sekarang, aku membuat baju sesuai keinginan pembeli,” kata Ivan yang ditemui okezone usai acara. Pria kelahiran 31 Desember 1981 ini mengatakan, tahun ini banyak membuat gaun pengantin yang kaya dengan potongan dan meminimalisir penggunaan kristal dan payet. Ivan tampaknya berusaha maksimal mengolah material bahan yang ingin diwujudkan ke dalam 16 rancangan gaun pengantin.
”Di sini aku ingin tampilkan gaun pengantin yang lebih muda, lebih calm down, dan tidak terlalu menawarkan kemewahan. Efek kemewahan aku tonjolkan dari penggunaan aksesori seperti tiara, anting dan kalung,” ulas Ivan yang mengombinasikan siluet klasik dengan desain modern.
Untuk menciptakan desain gaun pengantin yang berbeda dengan karya perancang lain, Ivan berani melakukan inovasi dengan membuat gaun tanpa pola.

”Ya, ditempel-tempel dan sambung-sambung. Pengerjaannya memang lebih rumit dibandingkan dengan pola yang sudah jadi, tinggal disambung. Dan rata-rata memakai bahan lebih banyak, biasanya dua kali lipat dibandingkan dengan gaun biasa,” jelasnya.

Untuk penggunaan warna bahan, pemilik lini busana IG ini cenderung memilih putih, off white, dan champagne colors. Sedangkan untuk bahannya sendiri, Ivan menggunakan satin duchess, silk, dan raw silk dengan efek mengkilat.

”Pengantin-pengantin saat ini ingin tampil muda. Kebanyakan tema-tema dari pesta pengantin kan tidak harus glamor. Banyak juga pesta-pesta yang berkonsep minimalis. Jadi lebih disesuaikan pada keinginan konsumen,” jelas Ivan menyebut selera kliennya suka pada sesuatu yang simpel, fun, dan nyaman.Kali ini, Ivan terlihat piawai menata rancangannya secara total look. Meski begitu, kesan trendi tak begitu saja hilang dari rancangannya kali ini.
”Dari karakter busananya, saya mengeluarkan banyak ide, mulai dari mermaid line, A-line, dan ball gown. Balik lagi soal selera konsumen, pasti mereka punya keinginan masing-masing,” kata Ivan yang suka menciptakan desain gaun yang bersifat personal.

”Saya menciptakan gaun yang pemakainya bisa mencintai hasil kreasi saya. Dan untuk patokan harga nego banget. Tergantung pembelinya. Harganya mulai dari Rp20 juta,” tutup Ivan, berpromosi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar