Rabu, 30 Juni 2010

Ivan Gunawan as entertainer

Ivan Gunawan Pengikut Hanura


OPINI
Mad Mizan
4 Juni 2010



Duluuu, sekitar lima tahun yang lalu mungkin ada yang masih ingat, Ivan Gunawan pernah tampil macho! Jadi presenter acara gosip di Antv pagi-pagi, dengan badan tegap, tidak gendut, berjambang tipis, rambutnya cepak. Pokoknya, macho habis. Yah, walaupun wajah dibuat macho masih sedikit-dikitlah ada gerak-gerik rada feminim, tapi sungguh aku jadi tercengang dengan penampilan baru Ivan Gunawan.
Bahkan pada suatu acara gosip juga di televisi swasta, Ivan Gunawan menceritakan kenapa dirinya merubah total penampilannya jadi gagah! Bukan, bukan karena ingin menggaet Rossa kembali, tapi karena penampilan inilah yang sebenarnya ibunya maui. Penampilan lebih ‘laki’. Sedikit terharu, menjadikan acara wawancara jadi agak mengaharu biru, Ivan Gunawan mengatakan perubahan dia jadi tampak lebih ‘laki’ karena demi membahagiakan orang-orang terdekatnya.
Eit, lha, waladalah, tapi tahu-tahu makin ke sini, dari tahun ke tahun kembali Ivan Gunawan tampil feminim lagi. Puncaknya, dan semakin menjadi-jadinya, saat memandu Mamamia Seleb Show, hingga dipanggil Madam segala! Wah, pokoknya sudah hilang itu gambaran macho, badan berisi, berotot, dan berjambang tipis! Barangkali juga Ivan Gunawan sudah lupa cerita soal perubahan penampilan jadi macho duluuu itu!
Tapi aku salut, kok. Lho, salut? Yap, karena penampilan Ivan Gunawan dengan apa adanya itu, tanpa memaksakan diri jadi macho hanya demi menyenangkan kiri-kanan, membuktikan kalau Ivan Gunawan berbuat menuruti kata hati. Mengikuti Hati Nurani. Iyalah, buat apa sih, penampilan macho, tapi dalamnya Ivan Gunawan merasa tersiksa. Palsu. Dan ibarat HP hanya cassing saja yang dirubah tapi kalau cassing p-nya palsu, percuma!
Maka Ivan Gunawan tetap membiarkan tubuhnya subur. Kadang memakai pakaian feminim, plus rambut dengan wig panjang terurai. Gaya bicaranya pun nggak lagi dibikin-bikin ke-macho-machoan kayak dulu. Kadang genit, manja, mendesah, tapi juga bisa galak. Malah… sejak penampilan seperti itu di Mamamia Seleb Show Ivan Gunawan melejit sebagai presenter laris. Malam sampai larut memandu acara di TPI, paginya sudah bergenit-genit di Inbox SCTV.
Dan yang begini-ini memang yang lagi jadi andalan tayangan TV Swasta. Selalu saja ada presenter ‘gemulai melambai’ entah itu Olga, Ruben, atau Ivan. Pokoknya acara TV hambar kalau nggak ada presenter yang ‘genit’. Presenter cowok, tapi akan histeris lihat Pasha Ungu, lalu menggelendot manja. Tapi aku yakin, Ivan Gunawan melakukan semua perubahan menjadi Ivan Apa Adanya karena dia pengikut HANURA, atau Hati Nurani….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar